IBOSS
IBOSS

Persyaratan Perubahan Rencana Peruntukan Lokasi

1. Perubahan Rencana Peruntukan Lokasi (Badan Hukum)

Persyaratan Administrasi:

      1. Surat Permohonan Perubahan Peruntukan * (Wajib)
      2. KTP Pemilik Perusahaan * (Wajib)
      3. Akta Pendirian Perusahaan * (Wajib)
      4. Izin Prinsip (Bagi yang Menerima Izin Prinsip)
      5. Surat Perjanjian (SPJ) / SPPT * (Wajib)
      6. Gambar Penetapan Lokasi (PL) * (Wajib)
      7. Faktur Uang Wajib Tahunan (UWT) dan Slip Setoran Bank * (Wajib)
      8. Izin Peralihan Hak (IPH) dan Akta Jual Beli (AJB)
      9. Surat Kuasa & KTP Penerima Kuasa (Bagi yang Dikuasakan ke Pihak Lain) * (Wajib)
      10. Rencana Tapak (Siteplan* (Wajib)
      11. Gambar Rencana (3D) * (Wajib)
      12. Foto Lokasi (Foto Kondisi Lokasi Terkini) * (Wajib)
      13. Foto Udara (Foto Lokasi Tampak Atas Diambil dari Drone/ Google Maps/ Google Earth) * (Wajib)
      14. Fotokopi Fatwa Planologi Beserta Lampiran (Bagi Pemohon yang Telah Terbit Fatwa Planologi)
      15. Softfile Siteplan/ Fatwa Planologi (Format .dwg/ AutoCAD 2007 yang Diubah Menjadi .zip / .rar)
      16. Surat Keputusan (SKEP) / SKPT * (Wajib)

2. Perubahan Rencana Peruntukan Lokasi (Perorangan)

Jika Alokasi Lahan di Atas 1.000 m2

      1. Gambar Rencana (3D)

      2. Rencana Tapak (Siteplan)

      3. Softfile Siteplan (Format .dwg/ AutoCAD 2007 yang Diubah Menjadi .zip / .rar)

Persyaratan Administrasi

      1. Surat Permohonan Perubahan Peruntukan * (Wajib)
      2. KTP Pemilik * (Wajib)
      3. Izin Prinsip (Bagi yang Menerima Izin Prinsip)
      4. Surat Perjanjian (SPJ) / SPPT * (Wajib)
      5. Surat Keputusan (SKEP) / SKPT * (Wajib)
      6. Gambar Penetapan Lokasi (PL) * (Wajib)
      7. Faktur Uang Wajib Tahunan (UWT) dan Slip Setoran Bank * (Wajib)
      8. Izin Peralihan Hak (IPH) dan Akta Jual Beli (AJB)
      9. Surat Kuasa & KTP Penerima Kuasa (Bagi yang Dikuasakan ke Pihak Lain)
      10. Foto Lokasi (foto Kondisi Lokasi Terkini) * (Wajib)
      11. Foto Udara (Foto Lokasi Tampak Atas Diambil dari Drone/ Google Maps/ Google Earth) * * (Wajib)
      12. Fotokopi Fatwa Planologi Beserta Lampiran (Bagi Pemohon yang Telah Terbit Fatwa Planologi)
      13. Softfile Fatwa Planologi (Format .dwg/ AutoCAD 2007) Harus Diubah Menjadi .zip / .rar

3. Fatwa Planologi (Perorangan)

Jika Alokasi Lahan di Atas 1.000 m2

      1. Surat Perubahan Peruntukan
      2. Endorsement PL

      3. UWT

Persyaratan Administrasi

      1. Softfile Fatwa Planologi (Format .Dwg/ Autocad 2007) Harus Diubah Menjadi .Zip / .Rar

      2. Izin Prinsip (IP) (Bagi yang Menerima Surat Izin Prinsip)

      3. Foto Lokasi * (Wajib)

      4. Foto Udara

      5. Faktur UWTO * (Wajib)

      6. Akta Jual Beli

      7. Fatwa Planologi Asli (Untuk Pemohon Revisi)

      8. Surat Keputusan (SKEP)/ Tanda Bukti Permohonan SKEP (Jika Dalam Pengurusan) * (Wajib)

      9. Surat Perjanjian (SPJ/PPL)/ Tanda Bukti Permohonan PPL (Jika Dalam Pengurusan) * (Wajib)

      10. Surat Kuasa

      11. Surat Pernyataan Lainnya

      12. KTP * (Wajib)

      13. Gambar PL * (Wajib)

      14. Faktur Balik Nama (Bagi PL yang Sudah Dialihkan)

4. Fatwa Planologi (Badan Hukum)

Jika Alokasi Lahan di Atas 1.000 m2

      1. Surat Perubahan Peruntukan
      2. File Endorsement PL

      3. File Scan UWT

Gambar Teknis Fatwa Planologi

      1. Gambar Detail Lainnya

      2. Keyplan * (Wajib)

      3. Foto Udara * (Wajib)

      4. Foto Lokasi * (Wajib)

      5. Siteplan * (Wajib)

      6. Siteplan Penjelas * (Wajib)

      7. Penghijauan * (Wajib)

      8. Grading Plan * (Wajib)

      9. Potongan Grading * (Wajib)

      10. Jaringan Drainase * (Wajib)

      11. Jaringan Air Kotor * (Wajib)

      12. Jaringan Air Bersih * (Wajib)

      13. Jaringan Listrik dan PJU * (Wajib)

      14. Kontur Eksisting * (Wajib)

Persyaratan Administrasi

      1. Softfile Fatwa Planologi (Format .dwg/ Autocad 2007) Harus Diubah Menjadi .Zip / .Rar * (Wajib)

      2. Gambar PL * (Wajib)

      3. Izin Prinsip (IP) (Bagi yang Menerima Surat Izin Prinsip)

      4. Kartu Tanda Penduduk (KTP) * (Wajib)

      5. Faktur UWTO * (Wajib)

      6. Surat Pernyataan Lainnya

      7. Fatwa Planologi Asli (Untuk Revisi)

      8. Surat Keputusan (SKEP)/ Tanda Bukti Permohonan SKEP (Jika Dalam Pengurusan) * (Wajib)

      9. Surat Kuasa

      10. Surat Perjanjian (SPJ/PPL)/ Tanda Bukti Permohonan PPL (Jika Dalam Pengurusan) * (Wajib)

      11. Surat Izin Bekerja Perencana (SIBP) * (Wajib)

      12. File Scan Surat Pernyataan

      13. Fotokopi Akta Perusahaan

      14. Faktur Balik Nama

Untuk Lokasi Sudah Dilakukan Pematangan Lahan

      1. Surat Persetujuan Grading Plan

5. Izin Penyelenggaraan Reklame V2

Persyaratan Lanjutan (Teknis)

      1. Gambar Visual Rencana Reklame (Foto Simulasi Reklame di Lapangan) * (Wajib)

      2. Gambar Konstruksi dan Pondasi Reklame (TTD Konsultan Struktur dengan STRI/Surat Tanda Registrasi Insinyur) * (Wajib)

      3. Surat Pemberitahuan Pembayaran (SPP)/Faktur Tahun Sebelum

Persyaratan Administrasi

      1. NIB * (Wajib)
      2. NPWP * (Wajib)
      3. KTP * (Wajib)
  1.  

Persyaratan Perizinan Berusaha Penunjang Kegiatan Usaha

1. Izin Pembangunan atau Pengembangan Terminal Khusus

Persyaratan Komitmen:

      1. Nomor Induk Berusaha (NIB)
      2. Izin Usaha dengan Bidang Usaha Sebagaimana Tercantum dalam Peraturan Menteri Perhubungan yang Mengatur tentang Terminal Khusus dan TUKS
      3. Tanda Bukti Status Kepemilikan Hak Atas Tanah atau Tanda Bukti Perjanjian Pemanfaatan Tanah
      4. Kajian Teknis yang Paling Sedikit Memuat:

a. Rencana Alur Keluar Masuk Terminal Khusus

b. Kedalaman Kolam Terminal Khusus

c. Rencana Volume Bongkar Muat, dan Frekuensi Kunjungan Kapal serta Rencana Ukuran (Tonase dan Panjang) Kapal Terbesar yang Akan Sandar/ Tambat

d. Rintangan Navigasi-Pelayaran

e. Rencana Kebutuhan Sarana Bantu Navigasi-Pelayaran

      1. Rencana Teknis Fasilitas Sandar/ Tambat yang Paling Sedikit Memuat:

a. Gambar Denah, Tampak, Potongan dan Ukuran (Dimensi) serta Jenis Material Konstruksi

b. Koordinat Geografis Minimal 4 (Empat) Titik yaitu 2 (Dua) Titik di Sisi Dermaga/ Perairan dan 2 (Dua) Titik di Darat

c. Peta Daerah Lingkungan Keija dan Daerah Lingkungan Kepentingan Tertentu Terminal Khusus

d. Peta Situasi Terminal Khusus Terhadap Instalasi/ Bangunan Lain di Sekitarnya

      1. Berita Acara Peninjauan dan Evaluasi Rencana Pembangunan Tersus oleh Syahbandar pada Pelabuhan Terdekat dan Distrik Navigasi Setempat yang Paling Sedikit Memuat

a. Data Fasilitas Sandar/ Tambat

b. Koordinat Geografis Minimal 4 (Empat) Titik yaitu 2 (dua) Titik di Sisi Dermaga/ Perairan dan 2 (dua) Titik di Darat

c. Rencana Alur Keluar Masuk Terminal Khusus dan Rencana Penempatan Sarana Bantu Navigasi-Pelayaran

d. Izin Lingkungan Sesuai Ketentuan Perundang-undangan

2. Endorse Izin Operasi

Persyaratan Komitmen:

      1. Surat Permohonan
      2. Surat Pernyataan Penanggung Jawab (Meterai 10.000)
      3. NPWP Perusahaan
      4. KTP Penanggung Jawab
      5. SIUPKK/ SIUPAL/ SIUPJPT/ SIUPBM/ SIUPER/ Sertifikat Standart
      6. Laporan Bulanan dan Tahunan
      7. Surat Kepemilikian Bangunan atau Surat Sewa
      8. Daftar Alat yang Dimiliki
      9. Surat Keterangan Domisili Usaha/ PKKPR
      10. Akte Pendirian dan Perubahan Perusahaan

3. Surat Keterangan Kerja Angkutan Barang

Persyaratan Komitmen:

      1. Manifest/ Packing List

      2. Surat Pernyataan Kerja Angkatan Barang

      3. Surat Penunjukan Perusahaan Bongkar Muat

4. Surat Keterangan Kerja Bongkar Muat

Persyaratan Komitmen:

      1. Manifest/ Packing List

      2. Surat Pernyataan Kerja Bongkar Muat

      3. Surat Penunjukan Perusahaan Bongkar Muat

5. Surat Keterangan Pemakaian Alat Angkat

Persyaratan Komitmen:

      1. Surat Pernyataan Pemakaian Alat Angkat

      2. Manifest/Packing List

6. Surat Keterangan Pemakaian Alat Angkat

Persyaratan Komitmen:

      1. Manifest/ Packing List

      2. Surat Pernyataan Bermaterai Rekomendasi Bongkar Muat

      3. Laporan Realisasi Pelsus

      4. Foto/ Gambar Barang

      5. Surat Permohonan Rekomendasi Bongkar Muat

      6. Izin Operasional dari Kementerian Perhubungan (Izin Kementerian Perhubungan)

      7. Izin Usaha Kawasan

7. Izin Kerja Keruk

Persyaratan Komitmen:

      1. Surat Permohonan

      2. Surat Keterangan Penanggung Jawab Kegiatan Kerja Keruk

      3. NIB

      4. Formulir Data Teknis Izin Kegiatan Kerja Keruk

      5. Peta Pengukuran Kedalaman Awal (Predredge Sounding) dari Lokasi yang Akan Dikerjakan

      6. Profil/ Potongan Melintang dan Volume Kegiatan Kerja Keruk

      7. Alinyemen Alur-Pelayaran

      8. Kemiringan (Slope) Alur-Pelayaran

      9. Hasil Penyelidikan Tanah Daerah yang Akan Dikeruk untuk Mengetahui Jenis dan Struktur dari Tanah

      10. Hasil Pengamatan Arus untuk Lokasi Pembuangan Hasil Pengerukan (Dumping Area) di Laut

      11. Kontrak Kerja Antara Pemilik Kegiatan dengan Pelaksana Kegiatan

      12. Dokumen Lingkungan yang Telah Disahkan oleh Pejabat yang Berwenang Sesuai dengan Ketentuan Peraturan Perundang-undangan di Bidang Lingkungan Hidup

      13. Dokumen Lingkungan yang Telah Disahkan oleh Pejabat yang Berwenang Sesuai dengan Ketentuan Peraturan Perundang-undangan di Bidang Lingkungan Hidup

      14. Persetujuan Usaha Pertambangan dari Instansi yang Berwenang untuk Kegiatan Kerja Keruk Dalam Rangka Penambangan

      15. Pertimbangan Terhadap Aspek Keselamatan dan Keamanan Pelayaran dari Syahbandar Bersama-sama dengan Distrik Navigasi Setempat

      16. Peta Laut yang Menggambarkan Lokasi Kegiatan Kerja Keruk dan Lokasi Pembuangan Material Hasil Pengerukan (Dumping Area) yang Telah Mendapatkan Persetujuan dari Penyelenggara Pelabuhan yang Dilengkapi dengan Titik Koordinat Geografis

      17. Proposal Rencana Kegiatan Kerja Keruk yang Diketahui oleh Penanggung Jawab Pekerjaan Paling Sedikit Memuat:

a. Rencana Volume Hasil Keruk, Peralatan yang Digunakan dan Metode Pelaksanaan Pekerjaan Pengerukan

b. Rencana Jadwal Pekerjaan Pengerukan

c. Aspek Ekonomi yang Berisi Kemampuan untuk Membiayai Pelaksanaan Kegiatan Pengerukan

d. Dampak Sosial yang Terjadi pada Tahap Pelaksanaan Pengerukan dan Setelah Melakukan Kegiatan Pekerjaan Pengerukan

8. Penutuhan Kapal (Skrap)

Persyaratan Komitmen:

      1. Surat Permohonan Perusahaan Angkatan Laut (Pelayaran Nasional dan Pelayaran Rakyat)

      2. NIB

      3. Jadwal Pengoperasian Kapal Terakhir

      4. Sertifikat Standar yang Belum Terverifikasi

      5. Fotokopi Sertifikat Kapal yang Masih Berlaku

      6. Fotokopi Persetujuan Keagenan Kapal Asing (PKKA) untuk Kapal Bendera Asing

      7. Rencana Pengoperasian Kapal (RPK) untuk Kapal Dalam Negeri yang Masih Berlaku

      8. Rencana Pemberitahuan Pengoperasian Kapal Nasional (PPKN) untuk Kapal Lintas Batas yang Masih Berlaku

      9. Voyage Report

      10. Pas Kecil/ Pas Besar/ Surat Laut

      11. Surat Ukur

8. Penutuhan Kapal (Skrap)

Persyaratan Komitmen:

      1. Surat Permohonan Perusahaan Angkatan Laut (Pelayaran Nasional dan Pelayaran Rakyat)

      2. NIB

      3. Jadwal Pengoperasian Kapal Terakhir

      4. Sertifikat Standar yang Belum Terverifikasi

      5. Fotokopi Sertifikat Kapal yang Masih Berlaku

      6. Fotokopi Persetujuan Keagenan Kapal Asing (PKKA) untuk Kapal Bendera Asing

      7. Rencana Pengoperasian Kapal (RPK) untuk Kapal Dalam Negeri yang Masih Berlaku

      8. Rencana Pemberitahuan Pengoperasian Kapal Nasional (PPKN) untuk Kapal Lintas Batas yang Masih Berlaku

      9. Voyage Report

      10. Pas Kecil/ Pas Besar/ Surat Laut

      11. Surat Ukur

10. Pendaftaran Kapal

Persyaratan Komitmen:

      1. Surat Permohonan

      2. NIB

      3. Perjanjian Kerja Sama Penggunaan Perairan Tersus

      4. Foto Lokasi dan Titik Koordinat

      5. Bukti Bayar PNBP (Tahun Sebelumnya)

      6. Izin Operasional

11. Pendaftaran Kapal

Persyaratan Komitmen:

      1. Surat Permohonan

      2. Surat Pernyataan (Meterai 10.000)

      3. NIB

      4. Memiliki Tenaga Ahli WNI Paling Sedikit Ahli Nautika Tingkat III (ANT-III) atau Ahli Tehnika Tingkat III (ATT-III) atau Diploma III Ketatalaksanaan Angkatan Laut dan Kepelabuhanan (KALK) atau Transportasi Laut/Teknik Perkapalan dengan Memiliki Pengalaman Paling Sedikit 5 (Lima) Tahun di Bidangnya, yang Dibuktikan dengan Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan yang Bergerak di Bidang Pelayaran

      5. Memiliki Sistem Manajemen Mutu

      6. Surat Pengangkatan Kepala Cabang

      7. Memiliki Surat Rekomendasi dari Penyelenggara Pelabuhan Setempat Terhadap Keseimbangan Penyediaan dan Permintaan Usaha Angkatan Perairan Pelabuhan Berdasarkan Jumlah Perusahaan Angkatan Perairan Pelabuhan dan Jumlah Kunjungan Kapal yang Berkegiatan di Pelabuhan Setempat

      8. Surat Klarifikasi Pembukaan Kantor Cabang dari Penyelenggara Pelabuhan

Persyaratan Perizinan Pertanahan

1. Penerbitan SKPT dan SPPT (Perorangan)

Persyaratan Administrasi:

      1. Identitas Pemohon

      2. Fotokopi Faktur UWT

      3. Fotokopi Gambar Penetapan Lokasi (PL)

      4. Fotokopi Surat Keputusan Pengalokasian Tanah (SKPT)

      5. Fotokopi Surat Pernjanjian Pemanfaatan Tanah (SPPT)

      6. Copy Sertifikat Tanah

      7. Asli Surat Pernyataan (Apabila Belum Diterbitkan SKPT dan PPL-KSU dan Sertipikat)

2. Penerbitan SKPT dan SPPT (Badan Hukum)

Persyaratan Administrasi:

      1. NPWP Badan Hukum

      2. Fotokopi Faktur UWT

      3. Fotokopi Gambar Penetapan Lokasi (PL)

      4. Fotokopi SIUP

      5. Fotokopi TDP

      6. Izin Domisili Usaha

      7. Akta Pendirian dan Akta Perubahan Terakhir yang Disahkan oleh Menkumham

      8. Surat Keputusan Pengesahan Menkumham Terakhir

      9. Fotokopi Surat Keputusan Pengalokasian Tanah (SKPT)

      10. Fotokopi Surat Perjanjian Pemanfaatan Tanah (SPPT)

      11. Fotokopi Sertipikat Tanah

      12. Asli Surat Pernyataan (Apabila Belum Diterbitkan SKPT dan PPL-KSU dan Sertipikat)

      13. Surat Kuasa Bermeterai (Bila Dikuasakan) dan KTP Penerima Kuasa

3. Legalisir Dokumen Pertanahan

Persyaratan Administrasi:

      1. Identitas Pemohon
      2. Dokumen Asli dan Copy Terdiri dari:

a. Gambar PL

b. SKep. SKPL/ SKPT

c. Copy Surat Rekomendasi

      1. Surat Kuasa (Jika Dikuasakan) + KTP

Persyaratan Perizinan Keluar Masuk Barang

1. Pemasukan Sementara (Baru)

Persyaratan Komitmen:

      1. Surat Permohonan dan Uraian Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      2. Surat Pernyataan (Meterai 10.000) (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      3. Laporan Realisasi by System untuk Pemasukan Sementara Sebelumnya yang Telah Terbit (Jika Ada)

      4. NIB (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      5. Foto @Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      6. List Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      7. Kontrak Kerja/ Work Order Pemakaian Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      8. List Barang dalam Format Excel untuk Di-upload ke Sistem (File Harus Format Excel 97-2003)

2. Pemasukan Sementara (Perpanjangan)

Persyaratan Komitmen:

      1. Surat Permohonan dan Uraian Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      2. Surat Pernyataan (Meterai 10.000 (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      3. Laporan Realisasi by System untuk Pemasukan Sementara Sebelumnya yang Telah Terbit (Jika Ada)

      4. NIB (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      5. Foto @Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      6. List Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      7. List Barang dalam Format Excel untuk Di-upload ke Sistem (File Harus Format Excel 97-2003)

3. Pemasukan Sementara (Perubahan)

Persyaratan Komitmen:

      1. Surat Permohonan dan Uraian Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      2. Surat Pernyataan (Meterai 10.000 (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      3. Laporan Realisasi by System untuk Pemasukan Sementara Sebelumnya yang Telah Terbit (Jika Ada)

      4. NIB (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      5. Foto @Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      6. List Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      7. Kontrak Kerja/ Work Order Pemakaian Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      8. List Barang dalam Format Excel untuk Di-upload ke Sistem (File Harus Format Excel 97-2003)

4. Pengeluaran Sementara ke LDP (Baru)

Persyaratan Komitmen:

      1. Surat Permohonan dan Uraian Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      2. Surat Pernyataan (Meterai 10.000 (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      3. Laporan Realisasi by System untuk Pengeluaran Sementara Sebelumnya yang Telah Terbit (Jika Ada)

      4. NIB

      5. Kontrak Kerja/ Work Order/ Notifikasi Antara Pemilik Barang dan Perusahaan Tujuan Pengeluaran Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      6. Izin Usaha Kawasan yang Telah Mencantumkan NIB

      7. Foto @Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

5. Pengeluaran Sementara ke LDP (Perpanjangan)

Persyaratan Komitmen:

      1. Surat Permohonan dan Uraian Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      2. Surat Pernyataan (Meterai 10.000 (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      3. Laporan Realisasi by System untuk Pengeluaran Sementara Sebelumnya yang Telah Terbit (Jika Ada)

      4. NIB

      5. Kontrak Kerja/ Work Order/ Notifikasi Antara Pemilik Barang dan Perusahaan Tujuan Pengeluaran Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      6. Izin Usaha Kawasan yang Telah Mencantumkan NIB

      7. Foto @Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

6. Pengeluaran Sementara ke LDP (Perubahan)

Persyaratan Komitmen:

      1. Surat Permohonan dan Uraian Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      2. Surat Pernyataan (Meterai 6.000 (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      3. Laporan Realisasi by System untuk Pengeluaran Sementara Sebelumnya yang Telah Terbit (Jika Ada)

      4. NIB

      5. Kontrak Kerja/ Work Order/ Notifikasi Antara Pemilik Barang dan Perusahaan Tujuan Pengeluaran Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      6. Izin Usaha Kawasan yang Telah Mencantumkan NIB

      7. Foto @Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

7. Pengeluaran Sementara ke TLDDP (Baru)

Persyaratan Komitmen:

      1. Surat Permohonan dan Uraian Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      2. Surat Pernyataan (Meterai 6.000 (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      3. Laporan Realisasi by System untuk Pengeluaran Sementara ke TLDDP Sebelumnya yang Telah Terbit (Jika Ada)

      4. NIB/ API-P (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      5. Foto @Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)
      6. Kontrak Kerja/ WO (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

8. Pengeluaran Sementara ke TLDDP (Perpanjangan)

Persyaratan Komitmen:

      1. Surat Permohonan dan Uraian Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      2. Surat Pernyataan (Meterai 10.000 (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      3. Laporan Realisasi by System untuk Pengeluaran Sementara ke TLDDP Sebelumnya yang Telah Terbit (Jika Ada)

      4. NIB/ API-P (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      5. Foto @Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)
      6. Kontrak Kerja/ WO (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

9. Pengeluaran Sementara ke TLDDP (Perubahan)

Persyaratan Komitmen:

      1. Surat Permohonan dan Uraian Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      2. Surat Pernyataan (Meterai 6.000 (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      3. Laporan Realisasi by System untuk Pengeluaran Sementara Sebelumnya yang Telah Terbit (Jika Ada)

      4. NIB

      5. Kontrak Kerja/ Work Order/ Notifikasi Antara Pemilik Barang dan Perusahaan Tujuan Pengeluaran Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      6. Izin Usaha Kawasan yang Telah Mencantumkan NIB

      7. Foto @Barang (Di scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

10. Pemasukan Barang Modal Tidak Baru BMTB (Baru)

Persyaratan Komitmen:

      1. Surat Permohonan dan Uraian Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      2. Surat Pernyataan (Meterai 10.000 (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      3. Laporan Realisasi by System untuk Pemasukan Sementara Sebelumnya yang Telah Terbit (Jika Ada)

      4. NIB (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      5. Laporan Surveyor (LS) (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      6. Foto @Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      7. List Komoditas dalam Format Excel yang Akan Di-upload ke Sistem

11. Pemasukan Barang Modal Tidak Baru BMTB (Perubahan)

Persyaratan Komitmen:

      1. Surat Permohonan dan Uraian Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      2. Surat Pernyataan (Meterai 10.000) (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      3. Laporan Realisasi by System untuk Pemasukan Sementara Sebelumnya yang Telah Terbit (Jika Ada)

      4. NIB (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      5. Laporan Surveyor (LS) (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      6. Foto @Barang (Di-scan Berwarna File Format PDF Size Maksimal 2.00 MB)

      7. List Komoditas dalam Format Excel yang Akan Di-upload ke Sistem

12. Pengajuan Importir Terdaftar Minuman Beralkohol (IT-MB)

Persyaratan Komitmen:

      1. Scan Berwarna Surat Permohonan Perusahaan
      2. Scan Berwarna Surat Pernyataan Bermeterai
      3. Izin Usaha LDP – OSS (Izin Usaha LDP Perizinan OSS)
      4. Scan Berwarna Akte Notaris Pendirian Perusahaan dan Perubahannya
      5. Scan Berwarna Surat Izin Usaha Perdagangan Minuman Beralkohol (SIUP-MB)
      6. Scan Berwarna Nomor Induk Berusaha (NIB) Khusus Jenis API-U
      7. Scan Berwarna Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC)
      8. Scan Berwarna Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahaan
      9. Scan Berwarna Surat Penunjukan dari Prinsipal Pemegang Merek/ Pabrik Luar Negeri
      10. Scan Berwarna Surat Keterangan dari Pabrik Luar Negeri Mengenai Prinsipal Pemegang Merek/ Pabrik Luar Negeri yang Disahkan oleh Atase Perdagangan/ Pejabat Diplomatik di Negara Setempat
      11. Scan Berwarna Surat Pernyataan Telah Berpengalaman Paling Sedikit 3 Tahun Berturut-turut sebagai Distributor Minuman Beralkohol Golongan A, Golongan B, dan/atau Golongan C, yang Dibuktikan dengan Surat Izin Usaha Perdagangan Minuman Beralkohol (SIUP-MB) untuk Distributor atau Surat Pernyataan Telah Berpengalaman sebagai Importir Minuman Beralkohol Golongan A, Golongan B, dan/atau Golongan C, yang Dibuktikan dengan Surat Izin Usaha Perdagangan Minuman Beralkohol (SIUP-MB) untuk ITMB.
      12. Surat Penunjukan dari Pemohon kepada Paling Sedikit 6 (Enam) Distributor, yang Dibuktikan dengan Surat Izin Usaha Perdagangan Minuman Beralkohol (SIUP-MB)

13. Pengajuan Importir Terdaftar Prekursor Non Pharmasi (IT Prekursor Non Pharmasi)

Persyaratan:

      1. Scan Berwarna Surat Permohonan Perusahaan
      2. Scan Berwarna Surat Pernyataan Bermeterai
      3. Izin Usaha LDP – OSS (Izin Usaha LDP Perizinan OSS)
      4. Scan Berwarna Akte Notaris Pendirian Perusahaan Dan Perubahannya
      5. Scan Berwarna Nomor Induk Berusaha (NIB) Khusus Jenis API-U
      6. Scan Berwarna Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahaan
      7. Scan Rekomendasi dari Kabareskim Polri
      8. Scan Rekomendasi dari Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN)

Jenis Sektor pada Perizinan Berusaha OSS RBA

Jenis, Persyaratan, dan Kewajiban Perizinan Berusaha pada OSS RBA mengacu kepada Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) setiap Sektor Perizinan dari Kementerian/Lembaga Terkait